7 Jenis Jerawat dan cara mengatasinya

7 Jenis Jerawat dan cara mengatasinya

Tahukah sahabat BRC-CIBADUYUT? bahwa jenis jerawat itu ada bermacam-macam, bukan hanya satu jenis jerawat seperti yang mungkin sebagian besar kita ketahui, nah jerawat merupakan jenis penyakit kulit yang paling sering tumbuh di wajah dan sangat mengganggu hingga mempengaruhi kecantikan wajah seseorang.

Jerawat sendiri disebabkan karena pori-pori dikulit kita yang tersumbat sehingga memicu tumbuhnya semacam benjolan berwarna merah yang mengandung nanah. Jerawat merupakan penyakit kulit yang hampir semua orang pernah mengalaminya.

Jerawat  timbul karena perubahan hormon yang dialami penderitanya dan biasanya muncul saat penderitanya sedang mengalami menstruasi, dalam proses kehamilan, serta mengalami stress yang berlebih.

Kesehatan kulit menjadi hal yang sangat penting. Wajah mulus tanpa jerawat mungkin saja menjadi dambaan sebagian besar orang. Banyak orang merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri ketika harus keluar rumah dengan kondisi wajah berjerawat.

Inilah 7 jenis jerawat yang paling populer

Jenis Jerawat

1. Jerawat Biasa

jerawat biasaHampir sebagian besar orang pernah menderita jerawat ini. Jerawat ini mudah dikenali karena bentuknya yang kecil dan berwana putih kemerahan. Jerawat ini timbul dikarenakan tersumbatnya pori-pori dan terinfeksi baktmeri propionibacterium acne. Bakteri tersebut hidup di daerah diprosuksinya asam lemak pada kantung kelenjar yang tersembunyi dibawah permukaan kulit atau sering juga disebut sebagai kelenjar sebaceous.Yang perlu diwaspadai dari bakteri ini yaitu karena bisa menimbulkan iritasi pada bagian wajah disekitarnya.

2. Jerawat Batu

jerawat batuJerawat batu memiliki ukuran yang lebih besar daripada jerawat biasa. Jerawat batu berwarna lebih merah dan meradang. Jika terus dibiarkan, jerawat batu akan meninggalkan bekas yang susah dihilangkan. Jerawat batu atau yang sering disebut juga Cystic Acne disebebkan karena kelenjar minyak yang terlalu banyak dan pertumbuhan sel yang tidak normal. Jerawat batu tergolong jerawat yang parah.

3. Jerawat Komedo

Komedo disebabkan oleh sel-sel kulit matti dan sekresi kelenjar minyak yang berlebih. Komedo terbagi menjadi dua macam yakni komedo tertutup dan komedo terbuka. Komedo tertutup terlihat seperti tonjolan kecil berwarna putih. Sedangkan komedo terbuka terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam

4. Jerawat Juvenil

jerawat-juvenilJerawat ini timbul pada masa pubertas umur 14-20 tahun. Penyebab jerawat ini yaitu masalah hormonal yang belum stabil dalam memproduksi sebum.

5. Jerawat Vulgaris

jerawat-vulgarisJerawat vulgaris merupakan semacam kelainan kulit yang ditandai dengan erupsi komedo terbuka, komedo tertutup maupun jerawat yang diikuti dengan kulit kemerahan serta bersisik. Jerawat ini biasanya timbul pada masa remaja dan umunya berlanjut sampai pada masa dewasa. Jerawat ini bisa disebabkan karena kelebihan minyak, perubahan hormonal, produk kosmetik serta kulit mati yang tidak lepas secara semestinya.

6. Jerawat Rosacea

jerawat rosaceaJerawat ini biasanya timbul pada wanita yang berusia 30-50 tahun. Pada mulanya, jerawat ini akan tampak kemerahan yang dapat menimbulkan peradangan sehingga bisa menimbulkan sisik pada lipatan hidung.

7. Jerawat Nitrosica

jerawat nitrosicaJerawat jenis ini harus diwaspadai karena yang jika dibiarkan akan menyebabkan lubang pada kulit wajah.

Jerawat umumnya terjadi di permukaan kulit wajah, namun bagi sebagian orang ada yang muncul dipermukaan kulit lain, seperti halnya jerawat di punggung, jerawat di dahi, hidung, lubang hidung, lubang telinga, di leher, di paha, di sealngkangan, di kulit bokong bahkan ada juga di sekitar kemaluan.

Cara Mengatasi Masalah Jerawat

Mengatasi jerawat secara alami lebih di sarankan dibanding dengan menggunakan obat-obatan sintetik, maka gunakanlah bahan-bahan alami yang sudah banyak diketahui mampu mengatasi masalah jerawat seperti madu, madu hitam, propolis, mentimun, jeruk nipis, spirulina atau lainnya.

Penggunaannya pun cukup simpel yaitu dengan cara dipakai untuk maskeran wajah. Namun mengatasi akan sia-sia tanpa adanya menghindari timbulnya kembali jerawat bahkan bisa memperburuk kondisi jerawat yang ada.

Cara Menghindari Jerawat

Menghindari beberapa hal dibawah ini penting untuk anda lakukan bagi yang memiuliki masalah jerawat :

  1. Memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda;
  2. Mengurangi tidur larut malam;
  3. Mengurangi rokok,
  4. Hindari makanan berupa gorengan, coklat, alkohol, kopi serta kacang-kacangan;
  5. Mengurangi kemungkinan terjadinya resiko stress karena stress akan menyebabkan penderitanya mengkonsumisi makanan yang berlemak;
  6. Bersihkan layar ponsel anda, karena tanpa anda sadari ada banyak bakteri yang menempel pada kulit wajah anda jika anda sering bertelponan dalam kondisi layar ponsel anda kotor.

cara menghindari jerawat diatas merupakan langkah pencegahan juga, karena pencegahan akan lebih ringan dibanding dengan pengobatan.

Cara terbaik mengatasi, menghindari dan pencegahan jerawat timbul pada diri kita yaitu dengan hidup sehat dan lakukanlah rutin berbekam, bukan hanya masalah penyakit jerawat saja, mungkin penyakit lain yang ada dalam tubuh kita pun ikut terbantu kesehatannya, karena bekam intinya membersihkan darah kotor pada tubuh kita.

Inline
Inline