iklan madu brc
BRC Cibaduyut Twitter
BRC Cibaduyut Facebook

Arti Warna Lebam Pada Kulit Setelah Bekam

warna lebam bekas bekam1 300x200 Arti Warna Lebam Pada Kulit Setelah BekamWarna Kulit Lebam setelah bekam – Karena begitu banyaknya manfaat bekam bagi kesehatan masyarakat, banyak orang berbondong-bondong melakukan terapi bekam (alhijamah) ada yang melakukan bekam di klinik-klinik terapi bekam maupun berbekam oleh sanak saudara atau teman yang biasanya berprofesi sebagai bekam keliling (beling), yang perlu diperhatikan selain dari penerapi bekam itu harus yang berpengalaman dan profesional juga kehigienisan dari alat bekam dan instumen bekam lainnya, jangan sampai berbekam kepada bukan ahlinya.

Di dalam praktek terapi bekam banyak timbul pertanyaan-pertanyaan baik dari pasien yang diterapi maupun bagi terapis yang terkadang baru menjumpai fakta pada praktek terapi bekam. Satu diantara banyaknya pertanyaan itu adalah kenapa setelah dibekam, kulit bekas titik bekam meninggalkan tanda lebam, ada yang berwarna merah muda, ungu hitam dan bahkan ada yang dibekam namun tidak meninggalkan lebam dikulitnya.

Sedikit penjelasan tentang jawaban dari pertanyaan tersebut, yang menjelaskan secara sederhana dan perlu didalami dengan praktek sesungguhnya dilapangan.

Perlu diketahui pada umumnya lebam kulit bekas bekam biasa hilang 3 hari bahkan sampai 1 minggu setelah melakukan bekam, warna bekas yang ditinggalkan mempengaruhi lamanya lebam tersebut hilang. Warna lebam bekas dibekam dari reaksi pigmen kulit umumnya adalah :

  • Ungu kegelapan atau hitam, warna lebam ini pada umumnya mengindikasikan bahwa kondisi tubuh mengalami defisiensi (kekurangan) pasokan/suplai darah dan channel/saluran pembuluh darah yang tidak lancar dan disertai dengan keberadaan darah statis (darah beku).
  • Ungu disertai plaque (bercak-bercak), warna lebam ini pada umumnya menandakan terjadinya gangguan/ kelainan gumpalan darah yang berwarna keunguan dan adanya darah statis (darah beku).
  • Bintik-bintik ungu yang tersebar dengan tingkatan warna yang berbeda (ada yang tua dan ada yang ungu muda). Hal ini menandakan kelainan “Qi” dan darah statis.
  • Merah cerah, biasanya hal ini menunjukkan terjadinya defisiensi “Yin”, defisiensi “Qi” dan darah atau rasa panas yang dahsyat yang diinduksi oleh defisiensi “Yin”.
  • Merah gelap, hal ini mengindikasikan kondisi lemak di dalam darah yang tinggi disertai dengan adanya panas patogen.
  • Agak pucat/putih dan tidak hangat ketika disentuh, hal ini mengindikasikan terjadinya defisiensi cold (dingin) dan adanya gas patogen.
  • Garis-garis pecah/ruam pada permukaan bekas bekam dan rasa sedikit gatal, hal ini mengindikasikan kondisi adanya wind (lembab) patogen dan gangguan gas patogen.
  • Munculnya uap air pada dinding bagian dalam gelas bekam, menandakan kondisi adanya gas-gas patogen pada daerah tersebut.

Demikian arti lebam pada kulit setelah bekam yang sedikitnya memberikan sedikit kesimpulan pendiagnosaan, sekali lagi penjelasan diatas sangatlah sederhana dilihat dari kondisi pada umumnya, maka tugas terapislah yang lebih bisa menjawab hal yang terjadi karena kondisi pasien lebih ditangani oleh terapis.

Wallohu’alam.

BRC Cibaduyut
Kontak Messenger
Twitter Badge
Ayat Quran
madu pahit