Beberapa Manfaat Bekam Menurut Hadits

Beberapa Manfaat Bekam Menurut Hadits

Dalam kitab-kitab diterangkan beberapa manfaat bekam menurut hadits sabda Rasulullah Muhammad SAW. Bekam ini sungguh istimewa, bekam merupakan pengobatan terbaik dalam Islam, bekam juga satu-satunya pengobatan yang diperintahkan melalui Malaikat ketika perjalan isra dan mikraj.

Bekam adalah pengobatan yang sudah ada sejak sebelum tahun masehi, jauh sebelum Nabi Muhammad lahir, sejak jaman-jaman dahulu bekam sudah hadir sebagai metode pengobatan, Namun Allah SWT menetapkan pada jaman Nabi Muhammadlah Bekam merupakan pengobatan terbaik.

Ketika Nabi Muhammad melakukan Isra Mikraj, nabi melewati sekumpulan malaikat, lalu malaikat menyeru "Wahai Muhammad, perintahkan umatmu berbekam" diulang sampai 3 kali. Maka jelas bahwa bekam merupakan satu-satunya pengobatan yang diperintahkan melalui malaikat secara langsung. 

Manfaat Bekam Menurut Hadits

“Bekam kepala dapat menguatkan hafalan, mencerdaskan, menajamkan mata, mengusir sihir dan meringankan tubuh”.(Hadits)

Dalam riwayat hadits diatas, diterangkan bahwa manfaat bekam menurut hadis tersebut diantaranya :

  1. Menguatkan Hafalan.
    Ada sebuah Pondok Hafalan Alqu’ran di suatu daerah kabupaten yang menjalankan sunnah Bekam untuk santri Hafidznya. Setiap Bulan Mereka dibekam kepala agar hafalannya kuat. Beberapa Orang tuanya laporan bahwa setelah bekam, kekuatan hafalannya meningkat.
  2. Mencerdaskan.
    Kecerdasan hubungannya dengan ketenangan dalam belajar. Anak yang sulit belajar biasanya terlalu aktif, hiperaktif atau terlalu malas. Penyakit anak ini hubungannya lebih banyak ke mental, misal karena salah pendidikan orang tua, dan karena was-was, yaitu penyakit yang dihembuskan syaitan. Maka bekam kepala ini akan menenangkan anak, hingga ada cerita anak yang dulunya bodoh dikelas, sejak terapi bekam 3x, sekarang kata orag tuanya mendapat Rangking 3 dikelas.
  3. Menajamkan Pengelihatan Mata.
    Jika melakukan Bekam Kepala, maka secara langsung akan mempengaruhi organ yang dekat dengan kepala, misal mata, telinga dll. Manfaat menajamkan mata terlihat jelas bagi penderita diabetes, jika gula darahnya naik, maka pandangan mata akan kabur. Jika selesai dibekam, maka pandangann mata akan lebih jelas dan ringan.
  4. Mengusir Sihir
    Diriwayatkan, suatu ketika Nabi merasa tidak enak, ada rasa mudah lupa, maka Nabi tau itu adalah upaya orang kafir yang memang sebagian ahli sihir. Kemudian Nabi meminta bekam dikepala. Jadi inilah kenapa bekam dapat mengusir sihir tidak lain sesuai petunjuk Nabi. Jika seseorang didalam tubuhnya ada pengaruh sihir, maka jika dibekam akan mengalami sebuah proses yang berbeda, kadang muntah, kadang gelisah bahkan jika kerasukan jin, melihat ahli bekam saja mereka lari.
  5. Meringankan Tubuh.
    Suatu ketika Nabi melihat orang yang selesai bekam, lalu Nabi bersabda, “Orang itu telah membuang beban tubuhnya”. Darah yang keluar ketika dibekam adalah darah statis, darah diam, darah kotor (warna lebih hitam, tidak bisa mengikat okesigen). Jadi jika sudah dikeluarkan, tubuh akan ringan seperti Motor baru diganti oli. Kerja organ akan normal.
Inline
Inline