Beberapa Manfaat Madu untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat Madu untuk Kesehatan

manfaat madu untuk kesehatanManfaat Madu banyak dirasakan masyarakat terutama orang yang sibuk dengan rutinitas padat dan memerlukan energi yang super ekstra. Madu merupakan nutrisi tambahan yang telah lama diakui mampu menambah energi secara instan, karena madu itu sendiri mengandung zat manis alami yaitu fruktosa dan glukosa. Banyak sekali yang begitu merasakan bagaimana efektifnya madu untuk menambah energi dan juga meningkatkan vitalitas, terasa beda ketika mengkonsumsi madu dan tidak mengonsumsi madu tiap hari.

Diantaranya Manfaat madu di manfaatkan oleh para olahragawan. Jaman dahulu atlet olahraga di yunani kuno menggunakan madu untuk menambah stamina dan daya tahan ketika mengikuti berbagai kompetesi atau pertandingan seperti halnya “dopping” namun madu dopping alami. Hasil yang dirasakan mereka mengikuti kompetisi dengan lebih bertenaga dan hasil lebih baik.

Glukosa dan fruktosa di dalam madu merupakan sumber energi utama. glukosa dan fruktosa dirubah menjadi glikogen yang disimpan di dalam organ hati dan akan dipakai oleh tubuh ketika tubuh membutuhkan energi ekstra. salah satu manfaat madu untuk menambah energi adalah berkat kandungan glukosa dan fruktosanya.

Madu juga mengandungi beberapa zat lain selain glukosa dan fruktosa tersebut, madu juga mengandung alkaloid, zat alkaloid mempunyai fungi mempercepat proses penyembuhan berbagaipenyakit ditubuh manusia, sehingga orang yang mempunyai penyakit, ketika minum madu maka proses penyembuhannya lebih dipercepat karena kandungan alkaloidnya itu, makanya jelas bahwa madu sering digunakan sebagai obat, bahkan dikenal sebagai obat yang mujarab bagi berbagai penyakit.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Ketika seseorang meminum madu maka sistem kekebalan tubuh yang meminumnya juga akan meningkat, dan apabila rajin mengkonsumsi madu ini berbagai manfaat bagi kesehatan dapat kita dapatkan. Madu yang kita konsumsi memiliki efek anti bakteri eksternal serta internal sehingga efeknya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu manfaat madu juga dapat membantu tubuh kita mempercepat menyembuhkan penyakit.

Manfaat madu yang lain adalah madu dapat meningkatkan fungsi otak manusia. Cobalah mengkonsumsi madu rutin sesendok sebelum tidur, maka daya tangkap, daya ingat, tingkat konsentrasi anda dalam beraktifitas akan terasa lebih optimal. Syaraf-syaraf pada otak akan lebih sehat dengan mengkosumsi madu.

Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat madu untuk kesehatan akan terasa ketika anda terserang influensa. Madu dapat menjadi Antivirus yang alami. Bahkan keampuhan obat flu yang dijual bebas di pasaran pun terkalahkan dengan mengkonsumsi madu. Madu juga aman dikonsumsi ketika anak atau bahkan balita anda mengalami influenza, dan tak perlu khawatir karena madu tidak memiliki efek samping.

Jika Anda pernah mengalami atau bahkan sering mengalami masalah pencernaan, Manfaat madu banyak bagi Anda yang mempunyai keluha ini. Madu membantu melancarkan pencernaan, Anda yang mengalami keluhan ini disarankan mengonsumsi 2 sendok teh madu sehari 3 kali untuk menyehatkan organ pencernaan Anda. yaitu 2 sendok pagi bangun tidur sebelum makan/sarapan bahkan lebih baik sebelum apapun minum dan gosok gigi. 2 sendok siang sebelum makan siang dan malam sebelum tidur.

Teknik Terapi Madu Untuk Memperbaiki Fungsi Pencernaan

Teknik Minum Terapi madu sangat dianjurkan bagi yang mempunyai riwayat masalah pada saluran pencernaan, terapi madu ini bahkan berhasil bagi orang yang mempunyai riwayat masalah pencernaan kronis sekalipun. Tidak sedikit orang yang sudah tertolong dengan madu, tentu itu semua atas izin Allah SWT (bi idznillah).

Cara Terapi madu ini merupakan tips yang sangat mudah, namun perlu dilakukan secara konsisten, maka hasilnya super dahsyat.

Teknik terapi madu adalah :

  1. Beberapa saat selepas bangun tidur di pagi hari anda dianjurkan menjilat madu, walaupun sebelum menggosok gigi sekalipun. Teknik menjilat madu ada caranya, yaitu dengan menjilat madu dengan jari manis kanan kita. Setelah mengkonsumsi madu 3-5 jilatan anda dianjurkan untuk tidak langsung minum atau mengkonsumsi makanan selama kira-kira sepuluh menit. Ini fungsinya anda membangunkan organ-organ pencernaan dalam tubuh anda.
  2. Apabila mulut dan organ pencernaan lainnya tidak beraktifitas, baik makan ataupun minum kurang lebih 2 jam, maka anda harus menjilat madu terlebih dahulu sebelum anda memulai kembali aktifitas mulut anda dengan aneka minuman atau makanan, makanya madu ini bagusnya dikemas dalam bentuk atau berat yang ringan dan praktis supaya bisa anda bawa kemana saja anda beraktifitas, ke sekolah, tempat kuliah, ataupun ketempat anda bekerja.
  3. Biasakan sebelum tidur anda mengkonsi madu terlebih dahulu, minum madu di malam hari bisa dilakukan dengan menjilat madu seperti diterangkan diatas ataupun dicampur dengan air hangat, yang komposisinya 2 sendok teh/makan madu dicampur dengan 150 – 200 ml air hangat dan diaduk. Mengaduknya pun ada teknik tersendiri, yaitu diaduk dengan arah berlawanan arah jarum jam, secara teori islami teknik ini sama persis dengan arah orang melakukan ibadah tawwaf di kabah, energi pada madu yang diaduk dengan arah berlawanan dengan arah jarum jam energinya meningkat secara drastis dan nutrisi yang ada dalam madu pun meningkat (itu sebagian rahasia perlakuan madu lho)
  4. Jangan gunakan benda logan dalam mengkonsumsi madu, karena beberapa khasiat akan menurun, karena madu mengandungi enzim yang menghasilkan elktrolit, sehingga dikhawatirkan dengan benda logam elektrolit-elektrolit bias berubah.
  5. Selalu campurkan madu pada makanan dan minuman anda yang biasa dihadirkan dengan rasa manis, seperti jus, teh manis, susu, sajian roti dll.

Mudah dan gampang kan terapi madu ini, namun banyak sekali manfaat madu yang bisa kita rasakan apabila kita rutin mengkonsumsi madu.

Inline
Inline