Bekam Kering Untuk Masuk Angin

Bekam Kering Untuk Masuk Angin

Banyak yang menanyakan bagaimanakah cara bekam kering untuk masuk angin, sekarang akan dikupas bagaimana manfaat bekam kering untuk masuk angin dan cara bekam kering itu sendiri pad titik bekam masuk angin.

Musim hujan seperti ini banyak sekali orang yang mengeluhkan masuk angin, kebiasaan dahulu masyarakat ketika mendapati masuk angin yaitu dengan cara kerokan, namun dengan banyaknya informasi bahwa kerokan itu tidak dianjurkan untuk mengobati masuk angin karena akan merusak jaringan permukaan kulit dan bahkan akan menjadikan seseorang yang sering kerokan menjadi sering masuk angin karena jaringan dibawah kulitnya sudah rusak. maka banyak yang melirik pengobatan bekam untuk mengobati masuk angin.

Bekam Kering

Bekam kering merupakan suatu cara atau teknik pengobatan dengan cara menyedot permukaan kulit tanpa adanya penusukan untuk penyedotan darah kotor pada tubuh.

Teknik bekam kering ini hanya sampai menyedot permukaan kulit, yang biasanya angin yang terjebak dibawah permukaan kulit bisa ditarik keluar kulit.

Bekam Kering Untuk Masuk Angin

Masuk angin sangat efektif atau cepat apabila pengobatannya dengan cara terapi bekam, khususnya terapi bekam kering. Hal ini dilakukan pada titik bekam masuk angin dimana titik-titik bekam masuk angin ini merupakan tempat dimana angin pada tubuh terjebak yang menyebabkan tubuh kaku, sakit bahkan meriang.

Angin sendiri bukan hanya dari faktor eksternal atau angin luar masuk kedalam tubuh, tapi masuk angin bisa terjadi pula karena penyakit maag dimana asam lambung naik dan menyebabkan gas pada lambung berlebihan.

Baca juga : Tips cara mengatasi asam lambung naik berlebih

Titik Bekam Masuk Angin

Titik-titik bekam masuk angin :

  1. Di pundak
  2. Belikat
  3. Pinggang
  4. Tangan

Untuk titik diatas bisa juga dilakukan bekam seluncur, untuk memaksimalkan pengeluaran angin pada permukaan kulit, rasanya persis seperti dipijat.

Cara Bekam Kering untuk Masuk Angin

  1. Lumuri punggung pasien masuk angin dengan minyak zaitun, pijat-pijat secukupnya hingga minyak merata ke sekujur punggung sampai daerah pinggang.
  2. Pasang kop di punggung bagian atas agak di sebelah kanan. 
  3. Sedot dengan pompa vakum secukupnya (sekitar 2 kali pemompaan). Tanya pasien apakah sedotannya terlalu kuat atau cukup. Bekam kering ini tidak perlu sedotan yang kuat, sebab akan menyulitkan di langkah selanjutnya.
  4. Lepas alat pompa.
  5. Gerakkan atau geser kop bekam lurus ke bawah sampai daerah pinggang. Jika badan pasien masuk angin, bekas jalur kop akan berwarna kemerahan sampai merah tua. teknik ini dikenal dengan bekam seluncur.
  6. Lepaskan kop.
  7. Ulangi langkah 1 s.d. 5, dimulai dengan meletakkan kop di punggung atas agak sebelah kiri.
  8. Pasang lagi kop di punggung atas agak sebelah kanan. Pompa secukupnya.
  9. Gerakkan kop ke samping menyusur bahu, berhenti di pangkal lengan. Lepas kop.
  10. Pasang lagi kop di bawah tempat yang tadi (nomor 8). Pompa secukupnya. Lalu gerakkan ke samping mengikuti jalur tulang iga.
  11. Ulangi langkah nomor 10 hingga jalur tulang iga paling bawah. Lakukan hal yang sama untuk daerah belakang perut.
  12. Ulangi langkah 10 s.d. 11 untuk punggung sebelah kiri.
  13.  Jika diperlukan, pembekaman kering dapat dilakukan pada kedua lengan. Juga tubuh bagian depan.
  14. Selesai.

Apabila memiliki alat bekam dirumah, bekam kering untuk masuk angin ini bisa dilakukan dengan mudah dirumah dengan bantuan pasangan (suami/isteri) tercinta.

Inline
Inline