Bolehkah mandi setelah dibekam?

Bolehkah mandi setelah dibekam?

bolehkah mandi setelah bekamBolehkah mandi setelah dibekam – Membahas pertanyaan seputar bekam memang tiada habisnya, itu sebagai tanda luasnya pengobatan bekam ini, sedikit demi sedikit diulas oleh banyak para ahli dibidangnya baik ahli pengobatan thibbun nabawi dalam negeri (indonesia) maupun ahli pengobatan thibun nabawi luar indonesia, bahkan banyak diulas dan di kaji oleh pakar ahli medis diseluruh pelosok dunia.

Setelah kemarin membahas tentang bekam luncur sebagai bagian dari teknik bekam kering, ditulisan ini akan sedikit menjawab sebuah pertanyaan yang memang umum didunia pengobatan khususnya terapi bekam. pertanyaan itu adalah bolehkah mandi setelah bekam ?, lho koq menjadi pertanyaan…apa hubungannya mandi dengan bekam.

Secara umum setiap tindakan pengobatan baik itu pengobatan medis maupun pengobatan non-medis tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, sebelum tindakan atau setelah tindakan. Termasuk pada teknik terapi bekam ada beberapa hal yang harus diperhatikan, pertanyaan bolehkan mandi setelah bekam termasuk bahasan setelah tindakan bekam.

Mandi setelah bekam ada dipandang pada beberapa aspek kepentingan, pertama secara kepentingan biasa, yaitu kebiasaan seseorang sehari-hari, bekam sesaat setelah mandi tidak dianjurkan, karena proses bekam itu membuka pori-pori kulit terebih terdapat luka-luka kecil di bekas titik bekam, baik bekam yang menggunakan alat bekam jarum (lancet) atau menggunakan alat bekam bisturi (pisau bedah). Apabila titik bekam ini terkena air dikhawatirkan akan adanya zat yang masuk dalam air yg tidak steril sehingga bekas bekam akan menjadi tempat masuknya zat kuman, bakteri atau virus ke tubuh manusia.

Kekhawatiran selanjutnya apabila mandi menggunakan air dingin, biasanya tubuh akan lebih menggigil dan kondisi akan lebih memburuk apabila masuk angin. Pori-pori yang terbuka membuat suhu didalam tubuh menjadi jauh berbeda dengan suhu diluar tubuh.

Mandi yang kedua adalah mandi bagi mereka yang menganggap proses bekam membatalkan wudhu dan bahkan memerlukan untuk mandi dalam pembersihannya.

Menurut kami sebagai praktisi bekam bolehkah mandi setelah di bekam, jawabannya boleh hanya saja diaturkan waktunya hingga kurang lebih 2 jam setelah dibekam, dan dianjurkan menggunakan air hangat, jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin, karena secara pengalaman tubuh akan lebih segar setelah dibekam dan akan tambah segar apabila dua jam setelahnya mandi dengan air hangat.

Wallohu’alam.

Close