Ciri-ciri masuk angin dan pengobatannya

Ciri-ciri masuk angin dan pengobatannya

ciri ciri masuk angin dan pengobatannyaMasuk angin adalah gejala penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat indonesia baik desa maupun kota, dalam dunia medis maduk angin ini tergolong sebagai penyakit flu (influenza) atau cold.

Perbedaan masuk angin dengan cold, biasanya masuk angin disertai dengan batuk pilek, walau masuk angin tidak terindikasi terserang oleh virus influenza, kondisi tubuh tidak sehat (tidak enak badan) serta dibagian-bagian tertentu di tubuh meras ngilu, pegal bahkan sakit seperti ada angin atau gas. Bagian badan punggung dan dada merupakan tempat paling sering terasa sakit ketika masuk angin, mari ketahui ciri-ciri masuk angin.

Ciri-ciri masuk angin

Cirinya hampir menyerupai terkena influenza, seperti :

  • Perut kembung. Karena banyaknya gas dalam tubuh yang diproduksi lambung dan usus perut terasa kembung dan keras. Hal ini juga bisa disebabkan karena terlambat makan sehingga gas lambung naik dan menyebar, stress dan kecapaian dalam beraktifitas.
  • Nafsu makan berkurang drastis, kondisi perut yang mulas dan mual karena kebanyakan gas diperut menyebabkan nafsu makan berkurang secara drastis, bahkan apabila dipaksakan malah muntah (keluar kembali). masuk angin yang disebabkan kenaikan asam lambung bisa juga berakibat diare.
  • Sering berkeringat dingin. Tubuh lemas namun keluar keringat lembut dan berasa dingin, rasa panas tapi dingin seperti demam.
  • Terasa mengantuk dan cepat lelah. karena suplai oksigen ke otak tidak maksimal diakibatkan peredaran darah tidak lancar, rasa kantuk tidak tertahan dan bawaan tubuh ingin terus tidur.

Penderita masuk angin umumnya mengalami hal-hal diatas, pilek dan demam juga bisa menghampiri dalam jangka waktu beberapa hari. Diindonesia ada kebiasaan unik yang sebenarnya kebiasaan ini tidak dianjurkan yaitu dengan “kerokan”. Kerokan tidak dianjurkan karena biasanya praktik ini menyakitkan (bagi yang tidak terbiasa) dan mengikis kulit epidermis (kulit luar) tubuh dan menyebabkan infeksi, praktik yang kurang tepat seperti alat yang tidak higienis dan arah yang salah menyebabkan keluhan lain dilain waktu.

Pengobatan masuk angin dengan bekam

Apabila terkena masuk angin, baiknya anda coba terapi bekam, terapi ini bisa dilakukan tanpa dikeluarkan darah, atau dikenal dengan bekam kering. Bekam kering ini adalah praktik teknik bekam namun tanpa ditusuk atau disayat pemukaan kulitnya, hanya menyedot permukaan kulit dengan alat bekam khusus, karena kulit memiliki pori-pori maka proses bekam kering sangat efektif dalam menghilangkan gejala masuk angin.

Pengobatan bekam untuk masuk angin memang dirasakan sangat efektif, karena tubuh bisa terbebas dari keluhan masuk angin sesaat setelah diterapi bekam, dianjurkan untuk minum minuman hangat setelahnya agar tubuh tidak gampang termasuki angin, tubuh segar dan melancarkan peredaran darah kembali.

Inline
Inline