Doa Buka Puasa yang Shahih sesuai Sunah

Doa Buka Puasa yang Shahih sesuai Sunah

doa ketika berbuka puasa yang benarDisaat Ramadhan tiba, waktu yang paling di tunggu-tunggu oleh segenap kaum muslimin yang sedang melakukan puasa adalah waktu maghrib yaitu waktunya berbuka puasa, sekedar untuk mengingatkan jangan lupa berdoa terlebih dahulu ketika memulai berbuka puasa, adapun doa buka puasa yang shahih sesuai sunah Rasulullah SAW adalah :

“Dzahabadh zhoma’u wabtallatil’uruqu wa tsabatal ajru insya Allah”.

artinya : “Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah dan pahala telah ditetapkan insya Allah”.

(H.R Abu Dawud 2/306 no.2357, An-Nasai dalam as-Sunan Al-Kubra 2/255, Ad-Daruquthni 2/185, Al-Baihaqi 4/239 dari Hadits Ibnu Umar dan dihasankan oleh asy-Syaikh al-Albani)

Adapun doa buka puasa yang banyak tersebar di tengah-tengah kaum muslimin yaitu :

“Allohumma laka shumtu wa’ala rizqika afthortu”

Artinya : “Ya Allah, kepada-Mu aku berpuasa dan kepada-Mu aku berbuka“.

Riwayat kedua diatas dikeluarkan oleh Abu Daud  dalam sunnannya o.2358 dari Mu’adz bin Zuhroh. Mu’adz adalah seorang tabi’in. Sehingga hadits ini mursal (diatas tabi’in terputus). Hadits yang Mursal merupakan hadits dhoif karena sebab sanad yang terputus. Syaikh Al-Albani pun berpendapat bahwasannya hadits ini dho’if (lihat Irwaul Gholil, 4/38).

Hadits semacam ini juga dikeluarkan oleh Ath-Thobroni dari Anas bin Malik, namun sanadnya terdapat perawi dho’if yaitu Daud bin Az Zibriqon, dia adalah seorang perawi matruk (yang dituduh pendusta). Berarti dari riwayat ini juga dho’if. Syaikh Al-Albani pun mengatakan riwayat ini dho’if (lihat Irwaul Gholil, 4/37-38)

Diantara ulama yang mendho’ifkan hadits semacam ini adalah Ibnu Qoyyim Al Jauziyah (Lihat Zaadul Ma’ad, 2/45)

Namun dalam hal doa buka puasa boleh saja keduanya.

Wallohu’alam.

Inline
Inline