Hati-hati Kolesterol dan Darah Tinggi pasca lebaran

Hati-hati Kolesterol dan Darah Tinggi pasca lebaran

aneka makanan lebaran - hati-hati kolesterol dan darah tinggiHati-hati Kolesterol dan Darah Tinggi pasca lebaran – Menurut pengalaman kami selama berkutat dalam dunia pengobatan selama bertahun-tahun dan beberapa kali melewati hari lebaran ada fakta yang unik dalam kehidupan masyarakat indonesia, tidak tahu kalau dibelahan dunia lain selain indonesia, karena penyakit-penyakit serigkali muncul setelah melewati hari lebaran atau idul fitri. Fenomena ini terjadi ternyata karena kebiasaan masyarakat indonesia yang telah sebulan berpuasa membalas dendam dengan aneka kuliner ketika berlebaran, segala makanan yang enak-enak dikumpulkan dan disajikan di hari lebaran santap bersama keluarga.

Tanpa pandang itu makanan apa kandungannya, yang penting enak maka inginnya merasa terpuaskan perut dengan segala makanan tersebut, tak jadi pikir-pikir masalah  dampak terhadap kesehatan, makanan minuman berwarna entah warna sintetis atau bukan, makanan bersantan, makanan berlemak, makanan pedas dan asam segar menjadi makanan-makanan favorit disajikan dihari lebaran.

Yang sering terjadi selama 2 atau 3 hari pasca lebaran maka penyakit-penyakit yang pernah dialami kini bermunculan kembali, seperti halnya tekanan darah tinggi, kolesterol, asam urat, diabetes dll, kenapa? karena dampak dari makanan-makanan balas dendam pasca memasuki lebaran.

Kami selaku terapis pengobatan diwaktu itu sering mendapatkan kebanjiran pasien yang mengeluh penyekitnya bermunculan kembali dan menginginkan di normalkan kembali dengan berbagai terapi kami yang utamanya adalah bekam, sungguh ironis memang kenyataan ini, tapi inilah fakta yang terjadi selama bertahun-yahun, sehingga tidak lama dari masa libur lebaran maka kami harus bersiap kembali memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sesungguhnya ada beberapa tips agar terhindar dari penyakit yang bermunculan pasca lebaran, karena sesungguhnya makanan-makanan enak itu bukannya dilarang, tapi setidaknya dibatasi dan distabilkan.

1. Sertai makanan-makanan etrsebut dengan buah-buahan, buah baiknya dimakan sebelum makan makanan berat, bukan diakhir setelah makan, karena apabila diakhir maka glukosa dari buah-buahan tersebut akan berfermentasi dengan makanan sehingga terjadi naiknya asam lambung penyebab penyakit maag.

2. Walaupun makanan itu enak, jangan sampai kenyang kelebihan, sisakan ruang dalam perut kita untuk bisa bernafas, karena stabilnya isi tubuh manusia adalah 1/3 daging dan tulang, 1/3 air dan 1/3 udara.

3. Imbangi juga dengan nutrisi-nutrisi penjaga kesehatan seperti halnya madu, madu baiknya dikonsumsi dipagi hari ketika perut dalam keadaan kosong, madu yang baik dan berkualitas seperti halnya madu lengkeng, madu randu atau madu hitam pahit. Madu dapt menstabilkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan stamina tubuh.

4. Jangan beristirahat dalam keadaan perut kenyang, atau bahkan tertidur dalam keadaan kenyang, ini sangat tidak baik.

5. Jangan lupa gerakan tubuh anda untuk berolah raga, olah raga ringan pun mampu membakar kalori dalam tubuh, sedikitnya akan menghindarkan naiknya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Imbangi makan dengan cukup minuman, dan hindari minuman-minuman bersoda, baiknya minumlah air putih secukupnya pada setiap waktu minum kita.

7. Batasi makanan yang pedas, walaupu anda maniaknya makanan pedas, baiknya makan pedas secara berangsung beberapa hari jangan sekaligus dendam akan rasa pedas yang sangat.

8. Jangan lansung diberikan beban yang berat sekaligus perut kita, pegunakanlah dengan bijak selama beberapa hari, lalu mulailah dengan malakukan syaum sunnah syawal selama 6 hari berturut-turut atau tidak, ini juga akan membatasi sifat rakus atau balas dendam terhadap makanan.

Demikian, semoga bermanfaat.

Inline
Inline