Ketahui Tanda Katarak Dan Cara Pengobatannya

Ketahui Tanda Katarak Dan Cara Pengobatannya

Katarak merupakan penyakit yang menyerang pada organ mata. Penyakit ini pada umumnya menyerang orang yang sudah lanjut usia baik laki-laki maupun perempuan. Pada dasarnya mata yang normal akan memantulkan cahaya terhadap obyek yang sedang kita amati sehingga obyek tersebut dapat terlihat di lensa mata kita. Namun hal ini tidak terjadi kepada orang yang menderita katarak. Cahaya yang seharusnya di pantulkan oleh lensa mata tertutupi oleh katarak tersebut.

Orang yang menderita katarak memiliki lensa yang sudah buram atau keruh sehingga cahaya yang masuk ke dalam mata tidak bisa di pantulkan, hal ini menyebabkan penderita katarak tidak bisa melihat dengan jelas atau kabur. Jika hal ini di biarkan terus-menerus akan berakibat sangat fatal, bahkan bisa menyebabkan kebutaan. Katarak biasanya terjadi karena faktor usia, dan terjadi pada orang-orang yang sudah lanjut usia. Namun ada beberapa kasus katarak yang terjadi pada anak-anak bahkan pada bayi.

Dua Jenis Katarak yang Harus Anda Ketahui

  1. Katarak kongenital

Katarak kongenital merupakan jenis katarak yang terjadi karena faktor bawaan dari lahir. Hal ini karena pada penderita katarak kongenital organ lensa mata mengalami kelainan yang didapat dari lahir. Biasanya kasus- kasus katarak seperti ini banyak menyerang pada bayi.

  1. Katarak pada lanjut usia

Faktor usia sangat berpengaruh terhadap jenis katarak ini. Pada awalnya penderita masih bisa melihat dengan bantuan kaca mata. Namun pada kasus- kasus yang lebih lanjut katarak ini akan sangat cepat berubah menjadi parah sehingga mata tidak bisa digunakan untuk melihat lagi.

Tanda-tanda katarak

  1. Lukisan pada lensa mata

Pada tahap- tahap terbentuknya katarak biasanya akan terdapat titik putih di lensa mata yang membuat penderita seperti melihat lukisan. Namun jika ini dibiarkan terus menerus akan bertambah lebar sehingga menutupi seluruh lensa mata. Hal ini bisa menyebabkan penderita katarak tidak bisa melihat suatu obyek.

  1. Pandangan mata kabur

Dalam tahap ini penderita tidak bisa memfokuskan pandangan seperti yang dilakukan oleh kebanyakan orang normal. Lensa mata yang keruh menyebabkan pandangan yang seharusnya jernis dan bisa focus menjadi samar- samara tau bahkan kabur.

  1. Mata melihat cincin pada saat melihat sumber cahaya

Coba anda praktekkan sebentar untuk melihat sumber cahaya. Apabila pada saat anda melihat sumber cahaya terdapat cincin yang mengelilingi sumber cahaya tersebut maka anda sebaiknya harus segera memeriksakan mata anda. Hal ini efek cincin yang di timbulkan pada saat melihat sumber cahaya karna lensa mata keruh.

Pengobatan Katarak Dengan Metode Bekam

Pengobatan katarak biasanya dilakukan dengan cara operasi. Namun, Anda bisa mencoba untuk melakukan metode pengobatan tradisional tanpa efek samping. Cara tersebut adalah dengan menggunakan metode bekam. Metode herbal tradisional ini sudah dipercaya oleh banyak orang dalam mengatasi berbagai macam penyakit.

Pengobatan bekam yang termasuk dalam pengobatan herbal ini nyatanya memang akan membuat penderitanya menjadi merasa lebih tenang. Penderita akan merasa lebih rileks dalam melakukan pengobatan. Anda juga tidak harus khawatir tentang efek samping yang nantinya akan Anda dapatkan. Jadi,  Anda memang harus mencoba menggunakan metode yang amat praktis ini.

Bekam merupakan metode yang bisa mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya adalah katarak. Dengan aliran darah yang lancar, maka kesehatan mata pun akan menjadi lebih terjamin. Nah, apakah Anda merasa tertarik untuk menggunakan metode bekam? Coba dan rasakan sendiri khasiatnya!

Inline
Inline