Kolesterol Tinggi? Waspadai dengan Terapi Bekam

Kolesterol Tinggi? Waspadai dengan Terapi Bekam

Kolesterol merupakan salah satu jenis penyakit yang berpotensi menyebabkan berbagai macam penyakit berbahanya lainnya. Pengidap kolesterol akan memungkinkan timbulnya berbagai penyakit lain seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi atau tekanan darah tinggi, bahkan penyakit diabetes. Oleh karena itu, pencegahan terhadap kolesterol tinggi memang perlu dilakukan. Ini bisa disebabkan dari makanan dan gaya hidup yang tidak sehat. Nah, apa sajakah penyebab dari penyakit berbahaya ini?

Ini Dia 7 Penyebab Kolesterol Tinggi

Kolesterol pada dasarnya adalah lemak jenuh yang diproduksi dari organ tubuh hati. Dalam kondisi yang normal, kolesterol memiliki peranan yang cukup penting bagi tubuh. Ini bisa membuat fungsi tubuh berjalan dengan lebih baik. Contohnya saja, kolesterol yang masih dalam tahap normal akan memiliki fungsi untuk menyaring molekul yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kolesterol juga akan membantu proses produksi empedu.

Namun, jika tingkat atau kadar kolesterol seseorang tinggi, hal tersebut justru akan membahayakan bagi tubuh. Kolesterol menyebabkan adanya penyumbatan arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung. Sebenarnya, apa sajakah yang membuat kolesterol tinggi?

  1. Berat badan

Berat badan yang tidak normal akan membuat Anda repot untuk mencari pakaian yang pas bukan. Tidak itu saja rupanya, berat badan yang tinggi akan meningkatkan kadar trigliserida. Ini bisa menurunkan kolesterol yang baik di dalam tubuh dan mengembangkan kolesterol yang jahat.

  1. Merokok

Merokok merupakan salah satu hal yang memang tidak baik dilakukan oleh siapa saja karena bisa merusak organ dalam tubuh. Merokok bisa berpotensi merusak organ paru-paru. Selain itu, merokok merupakan salah satu tindakan yang bisa menyebabkan kolesterol baik menjadi berkurang.

  1. Usia dan jenis kelamin

Seseorang yang telah menginjak usia 20 tahun akan cenderung memiliki peningkatan kolesterol yang tinggi di dalam darah. Anda harus lebih sering mengecek kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh ketika telah menginjak usia ini.

  1. Pola makan yang buruk

Pola makan yang tidak terkendali bisa membuat kolesterol cenderung meningkat. Contohnya saja terlalu banyak mengonsumsi minyak kelapa, kue-kuean, telur, lemak, dan berbagai macam daging serta jeroan.

  1. Riwayat keluarga

Riwayat keluarga merupakan salah satu hal yang akan mempengaruhi tingkat kolesterol seseorang. Terdapat banyak orang yang memiliki kolesterol tinggi dari faktor riwayat keluarga yang memiliki memiliki kolesterol tinggi. Ada beberapa orang yang memang sudah menjaga pola hidup yang sehat dan terkena kolesterol karena faktor ini.

  1. Kesehatan badan

Faktor kesehatan jelas berpengaruh pada tingkat kolesterol seseorang. Contohnya saja, penderita diabetes biasanya juga sekaligus akan memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

  1. Aktivitas yang kurang

Kurangnya aktivitas juga akan menyebabkan kondisi tubuh seseorang menjadi lemas. Ini bisa meningkatkan kolesterol jahat dan HDL menjadi semakin sedikit.

Itulah beberapa hal yang bisa memicu tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya.

Salah satu upaya pencegahan terhadap kolesterol yang semakin memburuk adalah dengan menggunakan terapi bekam. Terapi bekam adalah terapi islami yang sudah mujarab khasiatnya. Anda bisa mencobat terapi bekam di terapis yang sudah berpengalaman untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah Anda. Atau, Anda bisa membeli peralatannya sendiri jika memang sudah bisa melakukan teknik bekam.

Inline
Inline