Manfaat Bekam Kering Untuk Kesehatan

Manfaat Bekam Kering Untuk Kesehatan

manfaat bekam keringBekam merupakan terapi kuno dari Arab yang sudah dipreaktekkan sejak jaman Rasulullah dahulu. Bekam sendirei dibedakan menjadi dua jenis yaitu bekam basah dan bekam kering. Bekam basah merupakan metode pembekaman yang melibatkan sayatan tipis atau tusukan dengan jarum pada permukaan kulit yang dibekam sehingga darah kotor bisa keluar. Manfaat bekam basah ini sangat banyak sebab dari darah kotor yang terbuang, Anda bisa membuang berbagai macam zat – zat sampah, toksin, dan sel – sel darah mati yang dapat menggangu kesehatan. Jenis bekam selanjutnya adalah bekam kering. Bekam kering hanya menitik beratkan pada stimulasi hisapan pada titik tertentu tanpa melibatkan sayatan atau tusukan dengan jarum. Bekam kering merupakan terapi bekam ringan yang khasiatnya tidak kalah dengan bekam basah. manfaat bekam kering cenderung lebih sebagai relaksasi dan stimulasi seperti terapi akupuntur pada masyarakat Cina.

Manfaat Sesungguhnya dari Bekam Kering

Bekam kering merupakan proses stimulasi pada permukaan kulit dan otot di bawahnya sehingga aliran darah, syaraf, dan jaringan bisa dipengaruhi secara positif. Walaupun sifatnya sama dengan pemijatan, namun ada mekanisme berbeda antara bekam kering dengan pemijatan. Jika pemijatan dilakukan dengan memberikan tekanan pada otot, maka bekam kering sebaliknya dengan menerapkan hisapan atau tarikan pada otot. Penghisapan ini akan menyebabkan otot menjadi rileks, kendur, dan bisa memicu aliran darah menuju ke titik yang dibekam. Hal ini sangat penting untuk penyembuhan cedera otot, capek – capek, serta dapat membantu merelaksasi titik yang dibekam. Bekam kering bisa menjadi terapi yang baik bagi penderita hipertensi sebab hisapan bekam kering dapat menstimulasi syaraf dan memperbaiki aliran darah menjadi lebih lancar. manfaat bekam kering yang lain adalah bisa membantu membersihkan sumbatan yang terjadi di aliran darah. Penyumbatan ini diakibatkan oleh racun – racun dan sel – sel darah mati. Bekam kering dapat menstimulasi aliran darah yang lebih lancar sehingga penyumbatan bisa diatasi, silahkan baca juga manfaat pengobatan bekam.

Bekam dibawa ke Indonesia melalui pedagang – pedagang Gujarat dan Arab yang beragama Islam. Karena dibawa oleh pedagang Islam maka bekam ini populer di kalangan santri dan ulama pesantren. Pada masa itu, bekam kering populer di kalangan santri dan ulama pesantren sebagai metode ampun untuk menghilangkan berbagai macam masalah kesehatan ringan seperti flu, pusing, asma, gangguan pencernaan, pegal – pegal, masuk angin, rematik, dan lain sebagainya. manfaat bekam kering yang sangat ampuh ini kemudian menyebar keluar pesantren seiring dengan perkembangan agama Islam yang semakin pesat di Indonesia. Bahkan bekam kering di bagian kepala juga dipercaya dapat meningkatkan daya ingat serta kecerdasan pada anak. Bisa disimpulkan jika bekam kering tidak kalah manfaatnya dengan bekam basah yang bisa mengatasi berbagai macam penyakit.

brc-cibaduyut.com

Inline
Inline