Manfaat Bekam Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Bekam Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

manfaat bekam untuk kesehatan tubuh manusiaMemiliki tubuh yang sehat dan bebas dari penyakit merupakan dambaan semua manusia.  Namun kenyataanya, kadang ada penyakit yang bersarang di tubuh seperti mulai dari penyakit ringan semacam flu hingga penyakit berat semacam stroke dan hipertensi. Untuk mengembalikan kesehatan ada banyak cara yang bisa ditempuh. Anda bisa menggunakan cara pengobatan modern atau juga bisa menggunakan metode pengobatan alternatif yang alami dan aman. Salah satu pengobatan alternatif paling digemari oleh masyarakat Indonesia saat ini adalah terapi bekam. Kita mungkin sudah pernah mendengar atau membaca mengenai manfaat bekam untuk kesehatan yang sangat banyak. Namun apa sebenarnya bekam itu?

Bekam, Terapi Pengobatan Islami yang Banyak Manfaat

Bekam sendiri merupakan sebuah terapi pengobatan kuno yang sudah ada sejak hampir 4000 tahun yang lalu. Terapi pengobatan ini pertama kali dipraktekkan oleh bangsa Sumeris kuno kemudian menyebar hingga ke beberapa daerah sekitarnya seperti Mesir, Persia, dan Arab. Karena sangat populer di jazirah Arab, maka tidak mengherankan jika Bekam merupakan salah satu metode pengobatan yang digemari oleh Rasulullah SAW karena di jaman tersebut, bekam merupakan salah satu terapi pengobatan yang mudah dilakukan, berkhasiat, dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya. Bekam sendiri telah mengalami berbagai modernisasi termasuk dalam hal peralatan.

Jika jaman dahulu orang masih menggunakan tanduk, tulang, atau gading, maka sekarang bekam sudah menggunakan alat vacuum khusus yang sudah dibuat dengan modern sehingga keamanan dan kebersihannya lebih terjaga. manfaat bekam untuk kesehatan ada banyak sekali. Yang pertama, bekam dapat membantu menyembuhkan beberapa keluhan ringan seperti masuk angin, pegal – pegal, kecapekan, pusing – pusing, atau otot yang kram. Bekam kering banyak dipraktekkan oleh para santri dan ulama di awal abad ke 20 untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan tersebut. Manfaat yang kedua adalah bekam dapat membantu tubuh dalam membuang racun dan membuang sel – sel darah yang sudah rusak dan tidak terpakai lagi. Darah adalah perantara zat – zat makanan sekaligus bertugas membawa sampah sisa metabolisme yang sudah tidak terpakai. Kandungan toksin atau zat sampah yang terlalu banyak akan sulit dibuang dari darah. Bekam akan membantu meringankan tugas organ dalam dalam membuang zat sampah tersebut dari aliran darah.

Manfaat bekam untuk kesehatan yang ketiga adalah untuk mengurangi rasa nyeri, sakit, hingga pegal – pegal. Melihat terapi bekam basah sepintas memang terlihat menyakitkan dengan banyaknya darah yang keluar. Namun sejatinya terapi bekam tidak akan menimbulkan rasa sakit sama sekali. Alat bekam modern dirancang sedemikian rupa sehingga bisa menyayat kulit tanpa menimbulkan rasa sakit berlebihan. Disamping itu terapi bekam bisa memicu syaraf agar lebih rileks sehingga rasa sakit yang dialami bisa sedikit berkurang.

 

http://brc-cibaduyut.com

 

Inline
Inline