Manfaat Bekam Untuk Kesehatan

Manfaat Bekam Untuk Kesehatan

Manfaat Bekam untuk kesehatan - Terapi Pengobatan bekam sungguh luar biasa, metode pengobatan yang sederhana namun banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Itu sebabnya dalam agama Islam, terapi bekam merupakan pengobatan terbaik yang dilakukan seorang manusia.

Terapi bekam atau al-hijamah merupakan teknik pengobatan menggunakan alat kop dengan cara menyedot dan membuang darah kotor atau racun (toksin) yang berbahaya dari dalam tubuh melalui permukaan kulit. Sebutan al-hijamah berasal dari bahasa arab yang berarti pelepasan darah kotor. Istilah bekam sendiri berasal dari bahasa melayu. Di Indonesia pengobatan alternatif ini dikenal pula dengan istilah kop atau cantuk.

Sekilas bekam memang menyeramkan karena kelihatan terjadi pendarahan di bawah kulit. Padahal sebenarnya tidak seseram itu. Dalam terapi bekam, darah yang di ambil adalah darah di dermis dan bukan dari pada pembuluh darah.

Manfaat Bekam Untuk Kesehatan Tubuh

Bekam mampu mengobati banyak penyakit, mulai penyakit ringan maupun penyakit berat, ringan seperti pegal-pegal dan masuk angin hingga penyakit kolesterol, darah tinggi, asam urat, jantung, stroke dan lainnya.

Bahkan untuk penyakit ringan bekam mampu memberikan manfaat untuk kesehatan dalam seketika, contohnya orang yang sedang pegal-pegal lalu melakukan bekam dititik-titik bekam yang sudah ditentukan, maka seusai bekam akan merasakan tubuh lebih ringan dan hilang pegalnya.

Orang yang masuk angin pun bisa seketika hilang keluhannya dengan bekam, bahkan bisa dilakukan hanya dengan bekam kering tanpa dikeluarkan darah, dan metode ini lebih baik dari cara menghilangkan masuk angin dengan kerokan.

Untuk mengobati penyakit yang cukup berat, terapi bekam tidak bisa dilakukan sekali saja, tapi dilakukan secara berulang dan rutin dalam tempo yang ditentukan oleh ahli bekam, biasanya 2 minggu sekali sampai 1 bulan sekali melakukan bekam.

Manfaat Bekam Mengobati 72 Macam Penyakit

Dalam sebuah keterangan Nabi Muhammad SAW mengisyaratkan bahwa terapi bekam mampu mengobati 72 macam penyakit. Ini sungguh luar biasa manfaat bekam untuk kesehatan manusia, apabila dilakukan secara rutin dan yakin (keimanan) maka akan memberikan fungsi pengobatan yang hebat.

Gaya hidup serta faktor makanan jaman sekarang biasanya yang membuat efek orang sering menurun daya imunitas tubuhnya sehingga gampang sakit. Dengan rutin dibekam satu bulan satu kali di titik sunnah rasulullah akan menjaga tubuh tetap fit dan enak digunakan beraktifitas sehari-hari.

Bekam yang dilakukan satu bulan satu kali bisa dilakukan di waktu terbaik bekam, yaitu di tanggal 17, 19, 21 di setiap bulannya (diambil pada bulan komariyah atau tahun hijriyahnya). ”Hari Terbaik untuk berbekam adalah 17. 19 dan 21 bulan Hijriah. ( HR Abu Hurairah RA).

Manfaat Bekam pada titik bekam penyakit

manfaat bekam kaki

Pada prakteknya pembekaman dilakukan penyedotan darah kotor pada titik-titik bekam tertentu dan masing-masing penyakit memiliki titik tersendiri, dan baiknya dilakukan oleh tenaga terapis ahli bekam dilakukan ditempat yang baik dan higienis.

Pada penyakit asam urat misalnya seseorang akan dibekam di titik punggung dan disekitaran gejala asam urat terjadi seperti ditangan dan kaki yang biasanya terjadi pembengkakan, dilakukanlah proses pembekaman pada titik bekam tangan dan titik bekam kaki.

Begitu pula dengan penyakit kolesterol misalnya yang juga biasa diikuti penyakit hipertensi atau darah tinggi, dibekam di titik sunnah rasul sangat membantu memberikan manfaat bekam untuk kesehatan secara cepat, tekanan darah yang tinggi selepas beres bekam maka tekanan darah berangsur normal dan menghilangkan efek dari tekanan darah tinggi tersebut seperti pusing dan berat di tengkuk.

Pengobatan bekam yang alami ini tidak akan menimbulkan efek samping, tidak seperti halnya pengobatan secara pengobatan kimia sintetis atau penanganan terapi lainnya, bekam aman dilakukan selama dilakukan oleh profesional.

Jadikan klinik BRC CIBADUYUT menjadi tempat anda berbekam karena sudah memiliki standar klinik pengobatan dan dilakukan oleh terapis yang sudah memiliki standarisasi dan sertifikasi dibidangnya.

Silahkan Hubungi kami :

Inline
Inline