Manfaat dan Khasiat Jahe

Manfaat dan Khasiat Jahe

manfaat jaheJahe, siapa yang tak kenal jahe? Tanaman yang berasal dari asia ini sudah sangat popular dikalangan masayarakat khususnya di Indonesia, sejak dahulu tanaman jahe sudah dibudidaya, kebanyakan jahe digunakan sebagai bumbu masakan, juga dibuat beraneka ragam resep minuman khas dan minuman tradisional sebagai penghangat badan untuk kesehatan.

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale Rose dan banyak digunakan pula sebagai bahan resep pengobatan tradisional, jahe memiliki kandungan minyak atsiri yang sangat bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusa, karena sifatnya sebagai antiinflamasi dan anti bakteri. Beberapa manfaat dan khasiat jahe adalah :

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh, Mengkonsumsi jahe secara rutin dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan terhadap berbagai penyakit, rata-rata orang lebih sehat  apabila menyukai minuman yang berasal dari tanaman jahe ini.
  2. Meredakan sakit kepala dan migrain, Apabila anda memiliki keluhan sakit kepala atau migrain segera ambil sepotong jahe dan kunyah sampai lembut dan keluar rasa hangat di mulut, cara ini diyakini mampu meringankan sakit kepala dan migraine.
  3. Obat anti mabuk kendaraan, Bagi yang kebiasaan mabuk di perjalanan kendaraan khususnya untuk orang yang sering berpergian jauh, dengan minum jahe sebelum melakukan perjalanan  tersebut maka akan terbebas dari mual dan mabuk kendaraan.
  4. Perbaiki masalah pencernaan, Jahe sangat baik bagi penderita masalah pencernaan, jahe bisa menghilangkan sakit perut (kram  perut dan masalah pada organ pencernaan lainnya).
  5. Mengontrol kadar gula dalam darah, Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa minum jahe dipagi hari mampu mengontrol kadar gula dalam darah.
  6. Mengatasi masalah di tenggorokan, Rasa gatal pada tenggorokan mampu  diatasi oleh jahe, caranya dengan minum jahe  hangat di pagi siang dan malam hari, gatal akan terkikis dan menghilang.
  7. Sebagai anti inflamasi, Jahe memiliki senyawa gingerol yang menjadi bahan anti inflamasi, membantu mengurangi gejala arthritis (radang sendi), osteo arthritis dan rheumatoid arthritis.
  8. Mencegah kanker usus besar, Menurut sebuah studi, Jahe ternyata memperlambat laju pertumbuhan sel kanker kolorektal penyebab terjadinya kanker usus besar.
  9. Mengoptimalkan sirkulasi darah, Didalam jahe terkandung zat seng, kromium dan magnesium, zat ini berfungsi membantu sirkulasi darah dalam tubuh menjadi optimal.

Beberapa manfaat jahe diatas baru sedikit saja, dan masih banyak manfaat jahe yang belum bisa kami paparkan disini, jadi bagi anda yang peduli akan kesehatan anda dan tidak ingin terjadi keluhan-keluhan seperti diatas sekarang tinggal mengkonsumsi jahe, dan jangan lupa sediakan selalu jahe di rumah anda, sebagai bumbu masakan atau bahan minuman hangat untuk mengatasi berbagai keluhan.

Jangan lupa untuk hidup sehat rutinkan melakukan terapi bekam dan tentunya minum Jahe!.

brc-cibaduyut.com

Inline
Inline