Manfaat pengobatan bekam

Manfaat pengobatan bekam

pengobatan bekamMau tahu manfaat pengobatan bekam?, dengan terapi bekam atau cupping (kop) banyak penyakit yang mendapat kesembuhan (atas izin Allah SWT) dengan cara pengobatan ini, bahkan dari suatu keterangan bahwa dengan pengobatan bekam mampu mengatasi 72 macam penyakit, dan penyakit itu mulai penyakit rigan hingga penyakit berat yang dialami manusia.

Bekam atau juga dikenal dengan al hijamah merupakan teknik pengobatan dengan cara membuang darah kotor pada tubuh yang biasanya mengandung racun yang dapat membahayakan kesehatan tubuh melalu permukaan kulit. Alhijamah diambil dari bahasa arab yang berarti pelepasan (pelepasan darah kotor) sedangkam di Indonesia sendiri dikenal dengan istilah Bekam, kata ini berasal dari bahasa melayu. Beberapa istilah pengobatan ini yang dikenal di dataran Indonesia adalah kop atau cantuk. Pengobatan bekam berhubungan langsung secara fisik bahkan langsung dengan darah, sekilas memang akan menyeramkan, karena sampai keluar darah dari permukaan kulit yang disedot, namun jangan khawatir teknik pengobatan bekam bukan mengambil darah dari pembuluh darah besar namun dibawah permukaan kulit luar (dermis).

Jenis Pengobatan Bekam

Dalam prakteknya pengobatan itu sendiri ada dua jenis berdasakan teknik, pertama adalah bekam kering, bekam kering adalah penyedotan kulit ditubuh tanpa mengeluarkan darah, teknik ini biasanya untuk menghilangkan sakit seperti diakibatkan oleh masuk angina, pegal linu, sakit punggung, rematik, bekam kering biasanya dilakukan oleh penderita yang tidak tahan terhadap jarum suntik sensitive terhadap darah hasil dari pembekaman di kulit akan tampak lebam atau merah kehitam-hitaman atau ungu baca : arti warna lebam pada kulit setelah bekam, dan biasanya bekas beka tersebut akan hilang selama 2 – 3 hari (silahkan baca juga :  bagaimana cara menghilangkan bekas bekam).

Jenis pengobatan bekam yang kedua adalah pengobatan bekam basah, yaitu teknik bekam dengan mengeluarkan darah dari tubuh yaitu dengan proses jarum lancet atau sayatan pisau bisturi, dan disedot dengan gelas bekam (cupping set) alat bekam dan hand pump, dan yang keluar merupakan darah kotor yang biasanya mengandung toxin atau racun dan menghambat laju peredaran darah pada tubuh.

Perbedaan darah bekam yang lebih dikenal dengan darah kotor dengan darah segar adalah darah yang dibekam merupakan darah yang kurang atau tidak dibutuhkan oleh tubuh dan perlu regenerasi darah, darah kotor hasil bekam tidak akan keluar selamanya, namun setelah darah kotor tersebut habis maka berhenti, dan cenderung kental dan cepat beku, kalau darah segar maka darah yang keluar dari tubuh akan keluar lebih encer, merah segar dan tidak akan berhenti apabila tidak ditutup.

Teknik pengobatan bekam ini gampang sekali di pelajari dan dipraktekan, dan sangat efektif dalam mengatasi berbagai masalah penyakit. Apabila anda minat berlatih bekam bisa mengikuti pelatihan bekam BRC , dan tidak ada alasan lagi untuk takut dibekam.

brc-cibaduyut.com

Inline
Inline