Mencegah Penyakit Asma dengan Metode Bekam

Mencegah Penyakit Asma dengan Metode Bekam

Penyakit asma adalah salah satu penyakit yang terjadi pada saluran pernapasan manusia. Penyakit ini biasanya ditandai dengan terjadinya peradangan dan penyempitan pada saluran pernapasan yang dapat menimbulkan sesak napas. Biasanya penyakit asma dapat ditandai dengan gejala-gejala seperti batuk yang berlangsung lama, nyeri pada dada, deman dan juga  mudah mengalami kecemasan. Penyakit asma dapat terjadi pada semua usia, dari muda hingga tua, bahkan seorang anak pun bisa terkena penyakit asma. 

Penyakit asma termasuk jenis penyakit yang terjadi karena adanya sesuatu yang tidak normal pada paru-paru manusia. Asma adalah penyakit paru-paru yang mudah sekali menular. Penularan penyakit ini dapat melalui udara. Percikan air ludah yang terbang bersama udara saat penderita batuk, bersin atau berbicara. Manusia sangat rentan untuk tertular penyakit jenis ini. Disarankan untuk setiap penderita asma menggunakan masker. Dan juga, jarak saat berbicara dengan orang yang mederita asma, kurang lebih adalah satu meter jauhnya. 

Untuk sebagian orang yang menderita penyakit asma, saluran pernapasanya lebih sensitif dibandingkan dengan orang normal lainnya. Otot-otot pada saluran pernapasan manusia akan kaku dan menyempit saat paru-parunya teriritasi. Kondisi ini akan menyebabkan sulitnya bernapas bagi penderita asma.

Apakah faktor yang menyebabkan penyakit asma?

Penyakit asma dapat terjadi karena beberapa sebab atau faktor. Faktor tersebut bisa berasal dari internal dan eksternal.

Berikut adalah faktor-faktor yang dapat memicu terjadinya penyakit asma pada seseorang.

  1. Faktor internal

Faktor internal adalah faktor yang terjadi atau bersumber dari dalam tubuh manusia. Faktor ini biasanya disebut dengan faktor genetika. Jika dalam sebuah keluarga mempunyai riwayat terkena asma maka besar kemungkinan anggota lain atau keturunan mereka akan terkena asma. Jika penyakit asma disebabkan karena faktor ini maka kecil kemungkinan untuk sembuh.

  1. Faktor eksternal

Faktor eksternal adalah faktor yang terjadi dari luar jangkauan tubuh manusia. Biasanya faktor eksternal yang dapat mengakibatkan penyakit asma adalah asap pabrik, asap rokok, debu, udara dingin, virus, aktivitas fisik dan lain-lainnya. Jika kekebalan tubuh manusia sangat rentan, maka besar kemungkinan hal-hal diatas dapat menginfeksi paru-paru manusia, sehingga menyebabkan penyakit asma.

Faktor-faktor diatas adalah hal yang menyebabkan terjadinya gangguan pada sistem atau organ pernapasan manusia yaitu asma. Meskipun besar kemunginan untuk sulit sembuh dari penyakit asma karena faktor eksternal yaitu faktor genetika. Namun, penyakit asma masih bisa dicegah sejak dini dengan melakukan bekam.

Bekam efektif mencegah terjadinya penyakit asma

Perlu kita ketahui bahwa, dalam islam ada suatu pengobatan yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kronis. Selain itu bekam juga digunakan sebagai media pencegahan untuk berbagai macam penyakit. Untuk kasus diatas yaitu terjadinya asma pada pernapasan manusia, sangat dianjurkan bagi setiap penderita untuk melakukan treatment untuk meminimalisir terjadinya sesak napas.

Bekam ini juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada organ pernapasan manusia yaitu asma. Bekam adalah suatu pengobatan pengambilan darah kotor yang telah terkontaminasi oleh racun atau toksin pada tubuh. Untuk asma sendiri bekam dilakukan pada titik-titik tertentu pada tubuh. Cara ini dilakukan untuk mencegah terjadinya asma.

Berikut manfaat bekam untuk mencegah gangguan pernapasan, yaitu asma.

  1. Menyebarkan aliran atau sirkulasi pembuluh darah pada rongga dada.
  2. Merelaksasi otot dada yang tegang agar tidak terjadi sesak napas.
  3. Mengurangi kadar kolesterol yang terletak pada dada manusia.
  4. Setelah proses bekam, akan muncul hormon endorfin sebagai anti nyeri dan menghilangkan ketegangan pada tubuh.

Hal diatas membuktikan bahwa penyakit organ pernapasan atau asma dapat dicegah dengan pengobatan islami yaitu bekam. Bekam adalah pengobatan yang sangat ampuh untuk mengobati dan mencegah berbagi macam penyakit termasuk asma.

Inline
Inline