Menyembuhkan Jerawat

Menyembuhkan Jerawat

Di era globalisasi ini banyak masalah yang dihadapi oleh remaja. Salah satu masalah yang di alami oleh remaja adalah perubahan bentuk tubuh atau fisik. Terkadang perubahan itu membuat masalah baru yang harus dihadapi seorang remaja. Suatu masalah yang sering dihadapi pada masa remaja adalah timbulnya jerawat pada wajah. Jerawat adalah suatu kondisi dimana pori-pori pada kulit tersumbat dan mengalami peradangan yang menyebabkan timbulnya nanah. Hampir semua remaja mengalami penyakit kulit jenis ini. Biasanya jerawat akan timbul pada saat pubertas. Banyak perubahan yang terjadi masa pubertas, terutama perubahan hormon pada tubuh.

Perubahan hormon pada tubuh mengakibatkan lebarnya pori-pori dan kadar minyak yang terlalu banyak. Hal tersebut yang mengakibatkan tersumbatnya pori-pori kita. Namun, tidak jarang bahwa seseorang yang telah dewasa masih bisa timbul jerawat. Contohnya pada saat kehamilan dan saat seseorang menggunakan pil KB atau obat-obatan lainnya. Efek dari obat tersebut mengakibatkan terjadinya jerawat. Sebenarnya, jerawat tidak hanya timbul di bagian wajah saja. Jerawat juga dapat terjadi di bagian punggung. Jerawat juga memiliki banyak jenis, berikut adalah jenis-jenis jerawat yang perlu kita ketahui.

Jenis-jenis Jerawat

  1. Jerawat Biasa

Jerawat biasa adalah jenis jerawat yang sangat umum. Kemunculan jerawat ini ditandai dengan sebuah tonjolan pada kulit berwarna pink atau kemerahan. Jerawat ini terjadi disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat yang telah terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne.Bakteri jenis ini biasanya muncul dari sapu tangan, handuk, kuas make up, headset, dan benda-benda lainnya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bakteri propionibacterium acnebiasanya hidup di bagian pori-pori yang tersumbat, yaitu berada di tempat asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi di dalam pori-pori manusia.

  1. Jerawat Batu ( Cystic Acne)

Jerawat batu adalah jenis jerawat yang berbentuk atau berukuran sangat besar, dengan peradangan hebat yang terjadi pada wajah. Jerawat jenis ini memiliki warna yang sangat merah dan agak lembab. Jerawat batu biasanya terjadi karena faktor genetika. Jika salah satu keluarga pernah mempunyai riwayat terkena jerawat batu, besar kemungkinan keturunannya terkena jerawat jenis tersebut.Ciri-ciri orang yang berpotensi terkena jerawat batu adalah seseorang dengan kadar minyak kulit yang terlalu banyak, sehingga menutup semua permukaan pori-pori pada kulit.  Selain itu, sesorang yang memiliki pertumbuhan kulit yang tidak normal dengan sel-sel kulit mati, jadi sangat sulit untuk beregenerasi kulit. Kulit yang berpotensi terkena jerawat batu sangat sensitif terhadap peradangan kulit, sehingga sering adanya bekas hitam dan timbul pada permukaan kulit.

Penanganan bekam untuk jerawat

Banyak pengobatan yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit jerawat ini. Pengobatan tersebut dapat berbentuk terapi dan pengobatan modern dengan menggunakan laser ditambah dengan penggunaan obat-obatan. Namun, harus kita ketahui bahwa pengobatan tradisional juga dapat menyembuhkan penyakit jerawat ini. Salah satu pengobatan tradisional yang dapat digunakan adalah pengobatan bekam. Bekam adalah adalah sebuah metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah kotor yang mengandung racun atau toksin di dalam tubuh manusia.

Bekam dilakukan dengan dua cara, yaitu pemvakuman kulit dan pengeluaran  darah dari kulit yang telah divakum sebelumnya. Bekam adalah salah satu pengobatan islami yang telah di gunakan pada zaman Nabi. Metode pengobatan ini dipercaya dapat menyembuhkan dari segi jasmani dan rohani. Bekam yang dilakukan untuk menyakit jerawat, yaitu dengan mengeluarkan darah kotor yang menyumbat pori-pori manusia. Darah yang telah terinfeksi bakteri akan keluar dan pori-pori pun menjadi normal kembali. Semua jenis jerawat dapat disembuhkan dengan menggunakan metode pengobatan bekam, yang secara islam memang dianjurkan untuk menggunakannya.

Dengan begitu semua jenis jerawat, seperti jerawat biasa dan jerawat batu dapat disembuhkan melalui penanganan dengan bekam. Bekam adalah pengobatan islami yang telah digunakan oleh para Nabi yang dapat menyembuhkan jerawat kronis serta membunuh sel-sel mati dan mengeluarkan bakteri yang telah menginfeksi kulit dan pori-pori manusia. Penanganan bekam ini sangat efektif untuk menyembukan penyakit jerawat.

Inline
Inline