Penanganan Saraf Kejepit Dengan Bekam

Penanganan Saraf Kejepit Dengan Bekam

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak macam penyakit yang terjadi akibat permasalahan saraf. Permasalahan saraf yang biasa terjadi pada orang yang berusia tua adalah saraf kejepit. Saraf kejepit adalah suatu kondisi dimana ada kerusakan atau luka pada bagian saraf manusia. Hal ini dapat diakibatkan oleh tekanan yang berlebih pada saraf sehingga saraf kita tidak bisa berfungsi dengan normal.

Biasanya dalam dunia media saraf kejepit sering disebut dengan Herniated Nucleus Pulposus (HNP). Tertekannya saraf terjadi karena adanya penonjolan inti dari diskus yang menjadi bantalan dari tulang belakang. Oleh sebab itu, dari penonjolan tersebut menimbulkan rasa sakit, lemahnya anggota tubuh saat bergerak dan juga kesemutan. Pada dasarnya saraf kejepit biasa terjadi pada seseorang diusia lanjut. Di mana lansia, manusia memilik otot-otot yang mulai kendur, namun dengan aktifitas yang terbatas membuat otot mereka tegang saat melakukannya dan terjadilah saraf kejepit. Saraf kejepit bukanlah penyakit yang permanen namun besar resikonya. Itu semua tergantung di bagian saraf manakah yang terjadi masalah.

Ciri-ciri Saraf Kejepit

Saraf kejepit yang terjadi secara umum biasanya terjadi dibeberapa bagian tubuh manusia. Terjepitnya saraf bisa terjadi dari bagian leher hingga pinggang seseorang yang sudah berusia lanjut.

Ciri-ciri dari saraf kejepit adalah:

  1. Nyeri

Pada bagian tubuh yang terjepit sarafnya akan terasa nyeri, karena adanya otot yang bengkok atau tidak pada tempatnya. Otot yang tertekan akan kaku dan akan menyebabkan rasa nyeri yang tak tertahankan di bagian tubuh. Bagian tersebut akan sangat nyeri saat di gerakan.

  1. Mati rasa

Mati rasa pada bagian yang terjepit, terjadi karena aliran darah atau sirkulasi darah tidak berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, penderita akan terasa seperti kesemutan dan mati rasa.

  1. Sensasi terbakar

Pada saraf yang terjepit biasanya akan terasa seperti terbakar. Biasanya hal ini terjadi karena adanya pembengkakan pada otot atau bisa disebut dengan peradangan saraf otot.

Pengobatan bekam ampuh untuk saraf kejepit

Treatment ataupun pengobatan yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan saraf kejepit. Salah satunya adalah bekam. Bekam adalah salah satu pengobatan islami yang telah dipakai oleh jaman Nabi, bahkan dahulu bekam telah dilakukan oleh Rasulullah untuk mengobati kerabat atau sahabat-sabahabatnya yang sakit. Dalam agama islam, berbekam sangat dianjurkan. Bekam ini juga dapat dilakukan untuk mengembalikan saraf yang terjepit. Saraf kejepit terjadi karena adanya bagian saraf atau otot yang tegang, oleh sebab itu bekam sangat cocok untuk mengobati saraf kejepit. Pengobatan bekam ini dilakukan dengan pengambilan darah pada bagian yang terjepit sarafnya. Dengan pengambilan darah tersebut, akan terjadinya refleksi otot yang menyebabkan otot tidak tegang dan saraf pun akan kembali normal. Berikut adalah maafaat bekam untuk saraf terjepit.

  1. Menghilangkan darah kotor yang ada pada tubuh. Hal ini biasa dilakukan untuk penderita saraf terjepit yang sering merasa pegal-pegal dibagian tubuhnya.
  2. Merefleksikan otot agar tidak mudah tegang.
  3. Mengurangi rasa nyeri pada saat saraf anda terjepit. Bekam melonggarkan saraf-saraf yang tertekan pada tubuh manusia.
  4. Meredakan rasa kesemutan yang berlangsung saat saraf kejepit. Sirkulasi yang lancar setelah metode bekam membuat badan tidak merasakan kesemutan.

Berbagai masalah pada saraf kejepit sepertinya bisa dengan mudah teratasi dengan pengobatan islami bekam. Bekam adalah pengobatan yang sangat sederhana namun berjuta manfaatnya bagi manusia.

baca juga : Terapi Bekam untuk saraf Terjepit

Inline
Inline