Pahami Penyebab Gatal-gatal dan Cara Mengatasinya

Pahami Penyebab Gatal-gatal dan Cara Mengatasinya

Gatal-gatal yang terjadi pada sekujur badan akan membuat perasaan menjadi sangat tidak nyaman. Terlebih lagi jika gatal-gatal tersebut datang setiap hari. Merasakan gatal yang berkepanjangan membuat aktifitas menjadi terganggu. Oleh karena itu, ada baiknya bagi Anda untuk mengenali penyebab gatal-gatal yang Anda alami tersebut. Dengan mengetahui penyebab dari gatal-gatal, maka Anda bisa mengatasinya dengan lebih tepat.

Gatal merupakan salah satu sensasi yang sangat tidak nyaman bagi tubuh. Mau tidak mau, Anda harus menggaruknya. Menggaruk dengan sangat kuat akan membuat kulit menjadi iritasi dan terluka. Penyebab kulit gatal pada seseorang yang berkelanjutan bisa menandakan bahwa seseorang tersebut mengalami penyakit yang cukup serius.Hal ini tentu saja berbeda dengan gatal-gatal yang disebabkan karena digigit nyamuk atau karena digigit serangga. Berikut ini ada beberapa penyebab gatal yang perlu Anda ketahui.

Faktor Penyebab Gatal-Gatal

Penyebab gatal-gatal pada setiap orang berbeda-beda. Namun secara umum, gatal-gatal di badan bisa disebabkan karena hal berikut:

  1. Kulit kering

Memiliki tipe kulit yang kering bisa membuat seseorang mengalami gatal-gatal. Ini bisa dipengaruhi karena faktor lingkungan yang memiliki tingkat kelembaban yang sangat rendah. Contohnya saja terlalu sering mandi atau mencuci muka atau sering berada dalam ruangan yang ber AC.

  1. Ruam pada kulit

Memiliki penyakit ruam pada kulit akan membuat perasaan menjadi sangat gatal. Perasaan gatal tersebut bisa jadi merupakan akibat dari jamur baik panu, biduran, maupun jamuran. Ini ditandai dengan tanda-tanda seperti kemerahan pada kulit serta mengalami iritasi.

  1. Memiliki penyakit dalam

Penyakit dalam seperti penyakit ginjal atau pun leukimia bisa membuat tubuh merasa gatal. Jika digaruk secara berulang-ulang, bisa jadi kulit Anda menjadi lecet. Oleh karena itu, menggaruk secara berlebihan tidak diperkenankan.

Beberapa penyebab tersebut menjadi salah satu hal yang penting untuk diketahui. Dengan mengetahui penyebab dari gatal yang Anda miliki, maka Anda pun akan lebih tepat dalam mengatasinya.

Mengatasi Gatal-gatal Dengan Terapi Bekam

Bekam menjadi salah satu solusi yang islami dan praktis digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk gatal-gatal. Pada hakikatnya, bekam merupakan salah satu proses untuk mengeluarkan darah kotor atau racun dari dalam tubuh yang memang sudah tidak terpakai. Dengan keluarnya darah kotor dari dalam tubuh, tubuh pun akan menjadi lebih sehat dan bugar serta bebas dari berbagai macam penyakit.

Beberapa survei telah membuktikan bahwa penderita alergi atau gatal-gatal pada tubuh bisa disembuhkan dengan cara bekam. Orang yang mengalami alergi atau gatal-gatal pada badan akan mengeluarkan darah kotor dalam jumlah yang lebih banyak.  Warna darah yang sangat banyak keluar tersebut terlihat sangat pekat. Itu membuktikan bahwa Anda memang memiliki alergi yang membuat aliran darah menjadi terganggu.

Dengan dikeluarkannya darah kotor yang berwarna pekat tersebut, maka berangsur-angsur gatal-gatal yang dialami pun akan membaik. Banyak pasien alergi dan gatal-gatal yang telah membuktikan sendiri khasiat dari bekam dalam mengobati gatal-gatal dan alergi yang mereka alami. Pasien juga merasakan puas dan sehat karena akhirnya terbebas dari rasa gatal-gatal yang sangat menganggu.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan gatal-gatal pada tubuh dan solusi islami terbaiknya dengan menggunakan teknik bekam. Teknik bekam merupakan teknik praktis dan sederhana yang sudah dipraktikkan sejak jaman Rasulullah. Dengan pengobatan yang halal dan doa yang sungguh-sungguh, Anda pun akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Inline
Inline