Saat puasa bolehkah dibekam ?

Saat puasa bolehkah dibekam ?

saat puasa bolehkan dibekamPertanyaan saat puasa bolehkah dibekam? sering terlontar dari sahabat-sahabat BRC Cibaduyut, karena ada pertanyaan yang  muncul dihati dan kekhawatiran kebiasaan dibekam diluar ramadhan dan bagaimana hukumnya ketika dibekam ketika masuk didalam bulan ramadhan. Apakah membatalkan puasanya atau tidak.

Tentu pertanyaan ini haruslah dijawab dengan baik serta dalil-dalil yang mendukungnya, tidak serta merta karena bekam itu baik maka kesemuanya baik, namun bisa saja bekam tersebut tidak diperbolehkan. Sekedar sharing saja, setelah menelaah lebih dalam lagi dari keterangan-keterangan Nabi SAW, kebanyakan ulama menyimpulkan bahwa bekam saat puasa TIDAKLAH MEMBATALKAN PUASA tersebut. Walau akan menjadi makruh apabila dilakukan kepada seseorang yang akan menyebabkan atau dalam kondisi lemah.

Tidak sedikit orang yang mengalami segar sesaat setelah dibekam, namun ada juga orang yang menjadi lemas ketika dibekam, ini yang diperlukan pendiagnosaan, diebberapa klinik atau ahli bekam terkadang diagnosa diabaikan, namun di BRC CIBADUYUT pendiagnosaan pada pasien baru yang akan ditentukan titik bekamnya akan melalui serangkaian proses pendiagnosaan seperti cek tensi darah, detak jantung, foto mata (iridology) dan lainnya seperlunya.

Namun untuk lebih mengetahui artikel keterangannya ada baiknya anda baca : Hadis bekam ketika puasa dan artikel Bekam tidak membatalkan puasa. Alangkah baiknya kita lebih menelaah kembali atas keterangan dari Rasulullah Muhammad SAW, sehingga tidak ragu lagi, semoga dengan membaca artikel ini dan 2 artikel yang dirujuk dapat memberikan ilmu bagi kita semua, amin.

Inline
Inline