Terapi Bekam Untuk Glaukoma

Terapi Bekam Untuk Glaukoma

terapi bekam untuk glaukomaTerapi bekam untuk glaukoma – Penyakit mata yang satu ini sebenarnya cukup banyak diderita oleh masyarakat indonesia, dan pengobatan untuk penyakit mata glaukoma masih kebanyakan bersifat dari medis. Bekam merupakan pengobatan alternatif alami dan islami untuk mengobati glaukoma. Glaukoma adalah istilah yang digunakan untuk menyebut penyakit yang ditandai dengan meningkatnya tekanan di mata (tekanan intraocular), sehingga tekanan tersebut menimbulkan kerusakan jaringan-jaringan pada mata. Saraf mata merupakan yang paling dirugikan dalam tekanan ini, dan kemudian akan berpengaruh pula pada saraf optic yang terdapat pada retina mata sehingga mempengaruhi penglihatan.

Tekanan intraocular (intraocular pressure) normal, biasanya berkisar antara 10-21 mmHg. Glaukoma sendiri merupakan penyebab kebutaan kedua terbesar didunia di dunia setelah katarak. Kebutaan karena glaukoma tidak bisa disembuhkan, tetapi pada kebanyakan kasus glaukoma dapat dikendalikan. Umumnya penderita glaukoma telah berusia lanjut. Hampir separuh penderita glaukoma tidak menyadari bahwa mereka sedang menderita penyakit tersebut.

Jenis Glaukoma

bisa diklasifikasikan berdasarkan usia, yaitu glaukoma dewasa dan glaukoma bawaan lahir pada anak-anak. Juga bisa diklasifikasikan berdasarkan sebab terjadinya yaitu klasifikasi glaukoma primer dan glaukoma sekunder.

Penyebab Glaukoma

Penyebab terjadinya glaukoma pada umumnya ada dua sebagai sebab utama

  1. Kelebihan produksi cairan mata.
  2. Buruknya drainase cairan mata.
penyebab glaukomaApa yang terjadi pada penyakit glaukoma?
  1. Terjadi peningkatan tekanan di mata karena salah satu factor yang telah disebutkan.Kemudian terjadilah tekanan terhadap pembuluh darah yang ada di mata sehingga mengakibatkan kekurangan darah pada jaringan mata khususnya pada jaringan saraf optic.
  2. Kekurangan pasokan darah ke saraf optic atau saraf retina mata yang menyebabkan peradangan sehingga mengakibatkan berkurangnya kecepatan dapat mentransfer informasi.Kadang-kadang, terjadi kemunduran saraf-saraf tersebut sehingga menyebabkan kebutaan.

Dengan terapi bekam untuk glaukoma ini, dimana titik bekam glaukoma ditentuan pada saat diagnosis yang biasanya di pelipis mata, dan penambahan titik-titik sunnah. Dengan dilakukannya tersebut memberikan efek yang baik bagi penyakit mata, Beberapa peran bekam dalam perbaikan glaukoma :

  1. Bekam berperan membersihkan saluran dan pembuluh yang berperan dalam keluarnya cairan mata, sehingga tekanan intraocular mata tidak meningkat melebihi batas normal.
  2. Zat Nitrit Oksida (NO) berperan meluaskan pembuluh darah sekitar mata dan meningkatkan pasokan darah pada  saraf optic sehingga melindunginya dari bahaya kekurangan suplai darah.
  3. Bekam Berperan mengatur tekanan osmosis sehingga mengatur penumpukan air di lensa mata dan tidak terjadi kekurangan volume cairan di dalamnya.
  4. Bekam juga menjauhkan kemungkinan terjadinya katarak.

Biasanya, penderita glaukoma akan merasakan perbedaan sebelum dan pasca dibekam di titik bekam glaukoma ketika pertama kali, dan apabila dilakukan secara rutin sesuai dengan saran terapis ahli maka lebih memungkinkan perbaikan yang lebih baik. Penggabungan antara terapi bekam dengan gurah mata akan memberikan efek yang lebih baik. Tentu kesembuhan atas apa yang diderita adalah atas izin dari Allah SWT, maka disarankan selain melakukan terapi yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW yaitu dengan bekam, melakukan sedekah dan berdoa pun lebih diintensifkan.

Inline
Inline