Terapi bekam untuk saraf kejepit

Terapi bekam untuk saraf kejepit

terapi bekam untuk saraf kejepitTerapi bekam untuk saraf kejepit – Saraf Kejepit atau Herniated Nucleus Pulposus (HNP), penyakit saraf kejepit ini yang dapat terjadi pada sekitar leher (Cervical), daerah punggung (Thorax), pinggang (Lumbal) dan pada tulang ekor (Sacrum). Beberapa juga HNP ditemukan di daerah pergelangan tangan, kedua bahu dan lutut penderita. Yang paling banyak dan sering terjadi HNP adalah pada sekitar pinggang dan tulang ekor.

Penyebab saraf kejepit

Saraf kejepit biasanya terjadi pada tulang belakang,  terserangnya tulang belakang bisa ke arah kiri atau kanan dan langsung menekan syaraf paravertebal. Hal ini menyebabkan rasa nyeri yang hebat karena tulang belakang yang bergeser ini akan menekan jaringan saraf-saraf pusat. Umumnya saraf kejepit terjadi karena trauma atau benturan. Jatuh atau kecelakaan kendaraan bermotor, mengangkat atau mendorong benda berat dengan posisi tubuh yang salah, pengeroposan tulang, TB tulang, masuk angin dll. Saraf urat terjepit lainnya di sebabkan oleh keluarnya nuclus pulpousu dari discus melalui robekan annulus fibrosus keluar menekan medullas pinalis atau mengarah ke dorsolateral menekan saraf spinalis sehingga menimbulkan rasa nyeri yang hebat. Tulang punggung merupakan sederetan ruas tulang yang di hubungkan oleh suatu bantuan berfungsi sebagai peredam getaran dan memungkinkan tulang belakang dapat bergerak lentur. Bantalan tulang belakang (disc) berisi inti yang di sebut dengan nuclesus. Karena suatu sebab nucleus pulposus keluar merobek annulus fibrosus dan menekan syaraf menimbulkan rasa yang hebat.

saraf kejepitBeberapa kondisi bisa langsung mengalami kelumpuhan karena saraf kejepit. Dan banyak pula keluhan terjadi ketika dimasa tua, sedangkan kecelakaan / jatuh terjadi dimasa muda dan sudah puluhan tahun yang lampau. kondisi ini karena dimasa muda saraf sudah tegang, namun karena kondisi masih segar dan organ masih bisa merespon fleksibel belum dirasakan parah namun disaat tua, karena organ sudah mulai banyak keluhan dan tidak begitu prima, keluhan saraf kejepit makin terasa. Pada gerakan-gerakan tertentu seperti jongkok dan membungkuk memicu lebih terasanya kembali keluhan tersebut.

Penyebab saraf terjepit bisa bermacam-macam, tapi penyebab paling umum adalah cedera, postur tubuh yang buruk, osteoartritis, stres dari pekerjaan yang berulang, kegiatan olahraga dan juga obesitas.Jika saraf yang terjepit terjadi dalam waktu singkat, biasanya tidak akan menimbulkan kerusakan permanen dan saraf bisa berfungsi secara normal. Tapi jika tekanan terus terjadi, dapat menimbulkan sakit kronis dan kerusakan saraf permanen.

Gejala Saraf Kejepit

Gejala yang muncul pada saraf kejepit hampir semua sama pada sekitaran sakit, gejala saraf kejepit yaitu :

  1. Pegal
  2. Panas
  3. Nyeri
  4. Tegang seperti ketarik
  5. kesemutan atau mati rasa
  6. Tidak kuat dipakai aktifitas lama
  7. lumpuh
  8. Kencing dan BAB tidak bisa tertahan
  9. Salah satu paha ukurannya mengecil

Terapi Bekam untuk saraf kejepit

Pada awal terjadinya penyebab saraf kejepit, penanganan pertama sangat berpengaruh pada kondisi selanjutnya, jadi terapi pengobatan saraf kejepit yang dilakukan, cepat atau lambatnya penanganan akan berpengaruh pada waktu kesembuhan dari pasien penderita saraf kejepit.

Salah satu penanganan pada pasien saraf kejepit yang disarankan adalah dengan melakukan terapi bekam, bekam merupakan terapi yang bisa dilakukan pada titik langsung atau disekitar keluhan saraf kejepitnya, sedotan pada darah yang bisa menjadi sumber terhambatnya aliran darah menyebabkan saraf kembali meregang karena menambah elastisitas otot dan mengurangi rasa sakit saraf kejepit. Mengobati saraf kejepit dengan bekam direkomendasikan pada klinik-klinik pengobatan tradisional. Hasil lapangan penangan saraf kejepit dengan bekam menunjukan nilai yang bagus karena dominan dengan hasil penyembuhan yang efektif dalam sekali satu kali sampai beberapa kali bekam.

Titik bekam saraf kejepit, apabila di Bekam Ruqyah Center dikenal denga titik inti, dimana titik bekam saraf kejepit merupakan gabungan titik bekam sunnah yang diantaranya Al katifain, Al Akhdain dll. Para terapis bekam sering sekali mendapatkan pasien saraf kejepit dan tentu terapi bekam untuk saraf kejepit paling direkomendasikan.

 

Close