Tips Dan Anjuran Sebelum Berbekam

Tips Dan Anjuran Sebelum Berbekam

anjuran sebelum berbekamBekam merupakan terapi alternatif yang sedang populer di tanah air. Banyak sekali masyarakat yang tertarik untuk melakukan bekam karena mendengar atau membaca mengenai khasiatnya. Walaupun bekam identik dengan terapi umat Islam, namun tidak sedikit umat dari agama lain yang tertarik untuk melakukan bekam dan telah membuktikan sendiri khasiatnya (baca : manfaat dan khasiat terapi bekam). Bagi Anda yang ingin melakukan terapi yang satu ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar proses pembekaman bisa lebih maksimal.

Enam anjuran sebelum berbekam

Berikut ini adalah beberapa anjuran sebelum berbekam yang bisa Anda lakukan jika ingin terapi bekam memberikan manfaat yang maksimal:

  1. Sebelum berbekam sempatkan untuk mandi terlebih dahulu. Mandi air hangat merupakan hal yang sangat dianjurkan sebelum seorang pasien berbekam. Bekam merupakan proses penyedotan bagian luar tubuh atau kulit luar sehingga membersihkan diri sebelum melakukan bekam akan membuat Anda merasa nyaman dan rileks. Air hangat menjadi pilihan karena mandi dengan air hangat terbukti ampuh untuk memperlancar peredaran darah, mampu membuka pori – pori tubuh, serta mampu membantu membersihkan minyak yang menempel di permukaan kulit. Anjuran lain adalah sebaiknya Anda menghindari pembekaman setelah Anda mandi air dingin.
  2. Sebelum berbekam, ada baiknya jika Anda menyampaikan keluhan penyakit yang sedang Anda alami kepada terapis sehingga nantinya terapis bisa melakukan bekam dengan lebih efektif berdasarkan penjelasan Anda. Terapis yang professional juga akan melakukan  prosedur pemeriksaan tensi dan pemeriksaan detak jantung serta menanyakan riwayat penyakit Anda sebelum dibekam jadi jika memang Anda memiliki penyakit tertentu disamping penyakit yang ingin Anda sembuhkan dengan bekam, sampaikan saja kepada terapis.
  3. anjuran sebelum berbekam yang selanjutnya adalah mengosongkan perut sekitar 2 hingga 5 jam. Namun sebelum Anda puasa singkat tersebut, ada baiknya jika mengisi perut dengan makanan atau minuman ringan yang mengandung gula sepereti madu, coklat, atau susu, tentunya jika tidak ada pantangan khusus seperti penderita diabetes melitus. Usahakan perut dalam keadaan normal selama berbekam artinya tidak dalam kondisi lapar atau kekenyangan.
  4. Jika Anda merasa sangat lelah dan ingin dibekam. Sebaiknya anda tidur dahulu untuk memulihkan energi dan menghilangkan kelelahan. Bekam akan lebih maksimal jika pasien dalam kondisi yang siap dan tidak capek.
  5. Proses bekam akan meninggalkan bekas luka kecil. Sebaiknya Anda menunggu sekitar 3 hingga 6 jam untuk mandi. anjuran sebelum berbekam ini untuk mencegah rasa perih pada luka yang baru saja dibekam serta untuk memulihkan jaringan kulit yang baru saja dibekam. Karena itu mandi sebelum berbekam sangat penting untuk menjaga kebersihan tubuh pada saat dibekam dan pada saat selesai dibekam.
  6. Selesai dibekam ada baiknya jika anda langsung istirahat dan menghindari kerja berat. Selain itu dianjurkan makan makanan bergizi untuk membantu proses terapi.

Hal penting lainnya anda harus yakin kepada terapis pembekam anda tersebut merupakan tenaga ahli bekam, bukan sembarangan, maka dari itu berbekamlah anda di tempat yang terbaik seperti klinik bekam, pusat pengobatan bekam yang sudah memiliki terapi ahli sesuai SOP (standar Operasional Procedure) bekam dan melakukan sterilisasi alat bekam, yang menjamin alat bekam dalam keadaan higienis ketika membekam anda. Ada baiknya agar tidak ada keraguan, kunjungi klinik terapi bekam BRC Bekam Ruqyah Center Cibaduyut bandung, alamat : Jl. Cibaduyut raya No.7 Bandung, Telp (022) 85440184 atau (022) 70057600.

Close