Waktu dibekam yang baik di bulan ramadhan

Waktu dibekam yang baik di bulan ramadhan

waktu yang baik dibekamBulan ramadhan merupakan bulan yang dinanti-nanti, bulan rahmat yang sangat ditunggu-tunggu umat muslim seluruh dunia, betapa tidak segala amalan dari yang kecil hingga yang besar Allah lipatgandakan, kalau secara itung-itungan saat ramadhan inilah yang akan menggantikan pahala amalan-amalan yang kurang kita kerjakan di bulan-bulan sebelumnya.

Bekam merupakan salah satu sunnah Rasulullah SAW, ingat sunnah itu adalah semua ucapan Rasulullah SAW, yang dikejakan oleh Rasulullah dan yang para sahabat Nabi lakukan dan Rasulullah tidak melarangnya. Rasulullah melakukan bekam bahkan dalam hadisnya :

 

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ – رضى الله عنهما – أَنَّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – احْتَجَمَ ، وَهْوَ مُحْرِمٌ وَاحْتَجَمَ وَهْوَ صَائِمٌ .

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berbekam dalam keadaan berihrom dan berpuasa.

Jelaslah, bahwa bekam sunnah dan kita selaku umatnya layak untuk melakukan sunnah ini, masih bahnyak orang yang tidak tahu bahwa bekam merupakan sunnah, kebanyakan masih menganggap bahwa melakukan bekam hanya untuk urusan kesehatan semata namun menurut kami, jelas dari hadis tersebut dan atas kecintaan kami kepada Rasulullah, bekam merupakan salah satu cara menegakkan sunnah Nabi dan layak diberikan pahala.

Kesehatan badan ketika kita berpuasa pun terkadang terganggu karena fisik belum terbiasa atau sudah waktunya tubuh merasakan sakit, maka solusi apa yang bisa dilakukan, dan apakah bekam bisa menjadi solusi menjadikan kesehatan lebih fit di bulan suci ramadhan ini. Kita harus meyakini bahwa yang Rasulullah kerjakan bukan semata-mata untuk dirinya tapi akan menjadi jalan kebaikkan umatnya apabila menuruti apa yang dilakukan Rasulullah.

Dibekam ketika puasa lebih dianjurkan karena akan memberikan efek detoxifikasi double hasilnya. Dibekam ketika puasa baiknya dilakukan disiang hari bolong, tidak selepas shubuh atau sahur, atau menjelang berbuka. Waktu bekam yang baik dibulan ramadhan adalah sekitar pukul 11 siang hingga 2 siang. diamana suhu tubuh dan lingkungan lebih baik kondisinya untuk berbekam.

Namun jangan sekali-kali berbekam apabila tubuh dalam keadaan lemas dan atau berbekam yang akan menimbulkan tubuh lebih lemah setelahnya, hal ini perlu dihindari karena jangan gara-gara niat bekam untuk sehat dan sunnah, malah kesehatan drop atau sakit.

Ingat, ketika berbekam yakini bahwa kita sedang melakukan hal yang menjadi sunnah Nabi dan yang menyembuhkan kita dari penyakit yang diderita adalah Allah SWT semata, bukan dari bekamnya, bukan dari terapis atau obatnya, semuanya atas izin Allah SWT.

Close